Got My Cursor @ 123Cursors.com

Cari

8/15/2010

P3K

Pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) merupakan merupakan tindakan awal untuk membantu penderita yang mengalami kecelakan atau musibah. Berikut langkah-langkah dasar untuk membantu dan meringankan rasa sakit penderita.

A. Menghentikan Pendarahan
Pendarahan dapat dihentikan dengan cara menekan disekitar luka. Apabila luka terlalu lebar maka daerah sekitar luka harus ditekan terus menerus. Posisikan bagian yang luka lebih tinggi daripada kepala. Untuk menghentikan darah dari sekitar telapak tangan dan jari tangan, tekanlah nadi di pergelangan tangan. Luka di lengan, tekanlah nadi pada ketiak penderita. Apa bila luka terdapat di leher atau kepala bagian belakang tekanlah nadi pada leher di bawah telinga. Sedangkan nadi disamping kepala tepat di depan telinga untuk menghentikan pandarahan di kulit bagian atas kepala. Apabila luka di wajah, tekanlah nadi di bawah rahang bawah. Untuk menghentikan pendarahan dapat pula digunakan saputangan yang diikatkan pada kaki atau lengan penderita.

B. Pernapasan daei mulut ke mulut
Untuk melakukan pernapasan dari mulut hendaknya dipastikan bahwa di dalam mulut penderita tidak terdapat sisa makanan, lumpur, permen, dan sebagainya. Penderita dibaringkan terlentang. Buka mulut penderita dengan cara menguakan rahangnya. Tutuplah mulut penderita. Selama dilakukan pernapasan buatan, mulut penderita selalu dalam keadaan terbuka. Tiuplah mulut penderita kemudian perhatikan apakah udara yang ditiupkan itu dikeluarkan kembali oleh penderita. Lakukan terus-menerus sampai 20 kali tiupan /menit untuk anak-anak , sedangkan untuk orang dewasa 12 kali tiupan /menit.

C. Membantu denyut jantung
Apakah penderita mengalami kecelakaan yang mengakibatkan denyut jantung berhenti berdenyut maka lakukan hal-hal sebagai berikut. Sebelum ditekan dada penderita hendaknya dilakukan pengurutan segera setelah jantung berhenti berdetak. Tekanlah bagian bawah dada penderita dengan telapak tangan yang ditumpuk. Tekanlah sampai sedalam 5 cm dan diulang penekanan itu sampai 60 tekanan /menit.

D. Tersedak makanan
Untuk memberikan pertolongan pertama pada penderita yang mengalami tersedak makanan, maka lakukan hal-hal sebagai berikut. Peluklah pinggang penderita dengan dua tangan dari belakang. Usahakan tubuh bagian atas penderita menggantung ke depan. Kepalkan salah satu tangan anda dan tekanlah pada perut bagian atas, bagian bawah tulang iga, dan diatas pusar. Kemudian tarik kepalan tangn itu kebagian atas. Ulangi beberapa saat sampai makanan keluar.

E. Shock/ terkejut
Penderita shock atau terkejut dapat diketahui melalui wajahnya yang pucat, badannya dingin dan berkeringat, napas memburu, terkadang diikuti dengan jantung yang berdebar-debar. Untuk mengatasi penderita schok ini, baringkan penderita dengan posisi kaki lebih tinggi daripada kepala. Berikan minuman hangat pada penderita, dapat pula ditambahkan gula dan garam apabila penderita dalam keadaan sadar.

Tidak ada komentar: