Got My Cursor @ 123Cursors.com

Cari

8/18/2010

Hindari Tidur Sehabis Sahur

Bahaya Tidur Setelah Sahur

Tidur setelah sahur memang sering dilakukan kebanyakan orang pada bulan puasa. Namun sebaiknya anda berpikir ulang untuk melakukan kegiatan tersebut. Hal ini di karena makanan belum dicerna dan malah bisa berbalik dari lambung ke kerongkongan (atau biasa disebut refluks) karena pengaruh gravitasi.

Jika refluks ini terjadi, asam lambung akan naik dan melukai kerongkongan. Karena mengalami luka, kerongkongan akan terasa panas seperti terbakar, dan mulut pun terasa pahit.
Kalaupun terpaksa, karena rasa kantuk setelah saur tidak bisa ditahan, ada baiknya posisi tubuh anda tidur setengah duduk atau tidur menggunakan bantal yang tinggi.

Sebaikya tidur tersebut ditunda setelah dua jam makan sahur. Selain itu makanan yang sukar dicerna adalah makanan yang terlalu berlemak. Keju dan minyak dalam jumlah banyak akan memerlukan waktu dua jam untuk dicerna. Sedangkan nasi dengan sayur berkuah atau telur dan ikan rebus biasanya memerlukan waktu satu jam untuk dicerna.

Juga perlu diperhatikan, agar lambung punya cukup waktu untuk mencerna santapan sahur, disarankan makan sahur sekitar satu jam sebelum waktu imsak. Barulah mendekati waktu imsak, menu dilanjutkan dalam bentuk camilan, buah-buahan, dan minum air putih. Dengan cara ini, ketika tidur, makanan sahur telah dicerna dan terhindar dari refluks. Seusai salat subuh, jika memang sangat mengantuk, orang yang berpuasa dianjurkan tidur sebelum beraktivitas.

Ada baiknya karbohidrat nasi, kentang, dan ubi sebagai sumber karbohidrat, untuk protein,daging, ikan, dan telur bisa menjadi pilihan, lemak dapat diperoleh dari minyak dan daging ayam negeri di jadikan teman santap sahur anda. Namun dianjurkan untuk menghindari makanan yang mengandung lemak berlebih saat sahur karena susah dicerna. Demikian pula konsumsi susu. Bagi yang berusia di atas 30 tahun, sebaiknya memilih susu rendah lemak atau bahkan tanpa lemak.

Mengkonsumsi cairan seperti jus buah-buahan tanpa gula dan susu, seperti mangga atau jeruk, karema menyediakan vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh juga sangat dianjurkan saat berbuka..



Tidak ada komentar: