Got My Cursor @ 123Cursors.com

Cari

8/24/2010

Jerawat

Jerawat ?!? Oh tidak !!Ini salah satu musuh utama para kalangan remaja dalam hal penampilan. Berbagai daya dan upaya dilakukan untuk mengatasi, dan menyembuhkannya jika sudah timbul.

Apakah jerawat itu ? Jerawat adalah semacam penyakit kulit , dikarenakan kondisi kulit yang tidak seimbang hormonnya, akibatnya terbentuklah penebalan pada permukaan kulit dan menutupi pori - pori wajah yang berupa bintik besar yang tidak sedap dipandang.

Ada Berbagai banyak jenis jerawat, timbulnya jerawat utamanya pada jenis kulit yang berminyak, dengan ciri2 sebagai berikut :
  • Kulit menghasilkan minyak berlebih ( bisa mengkilat ) 
  • Pori - Pori melebar dan permukaan kulit tampak kasar. 
  • Kulit cenderung bernoda hitam, berbintik - bintik dan berjerawat.
Kapan terbentuknya jerawat ? Saat kelenjar minyak yang terus memproduksi sebum yang menyebabkan folikel membengkak, sehingga timbul noda - noda putih. Setelah noda putih terkena udara akan berubah menjadi noda hitam. Noda hitam berasal dari pigmen kulit yang normal, dan karena bakteri pada kulit normal, memulai berkembang biak dengan cepat dalam tolikel rambut yang tersumbat. Jerawat yang membatu merupakan jerawat yang besar dan menyakitkan yang bisa mengakibatkan bekas luka yang permanen apabila salah dalam penanganannya.
Cara Mencegah ?!? Lebih baik mencegah dari pada mengobati ini salah satu kata yang tepat dalam masalah jerawat. Ada beberapa metode yang bisa anda coba untuk itu:
  • Selalu menjaga kebersihan wajah, dengan rajin membasuh muka dengan sabun yang cocok dengan PH kulit anda. Berwudhu bisa jadi salah satu cara ampuh untuk mencegah jerawat. Rajin berolahraga atau melakukan akitivitas fisik yang lumayan banyak menghasilkan keringat karena itu akan membuka pori-pori wajah anda yang tersumbat. Tapi tetap, habis itu jangan lupa cuci muka. 
  • Rajin minum air putih. Tampaknya memang sederhana, tapi terapi ini benar benar manjur tidak hanya untuk masalah jerawat saja bahkan untuk penyakit penyakit berat lain sekalipun. Dengan bagusnya sistem "pengairan" di tubuh anda, maka darah anda ataupun organ lain tubuh anda akan bisa lebih "bersih" dan sehat sehingga akan mendukung proses penyembuhan anda dari jerawat atau penyakit lainnya. 
  • Hindari stress berlebihan karena bisa menjadi pemicu meningkatnya hormon yang dapat menimbulkan jerawat jerawat. 
  • Bila akan tumbuh jerawat lagi, kompreslah es batu pada tempat yang akan timbulnya jerawat.
Berikutnya jika jerawat sudah timbul, upaya yang mesti dilakukan adalah, bagaimana agar jerawat itu tidak semakin memarah:
  • Jangan memencet jerawat anda, apalagi jika tangan anda tidak bersih karena HANYA akan semakin meperparah jerawat anda bahkan bisa menimbulkan luka lain ataupun infeksi. 
  • Jika timbul luka, anda dapat mengoleskan Betadine untuk mencegah infeksi yang berkelanjutan. 
  • Cobalah menggunakan ramuan belimbing wuluh yang di tumbuk sampai halus seperti bubur lalu dicampur air garam secukupnya, Lulur ini juga berfungsi sebagai astringen yang akan membantu memperkecil pori-pori yang terbuka terlalu lebar. 
  • Hindari makanan berlemak dan perbanyaklah konsumsi vitamin C dan makanan yang mengandung zinc. 
  • Anda juga bisa melakukan penyembuhan alami untuk diri sendiri dengan terapi Reiki yang juga bermanfaat untuk membantu lebih awet muda dan memperhalus kulit. 
  • Hindari make up berlebih. 
  • Hindari sinar matahari, pemakaian lotion penahan sinar matahari saat berada diluar rumah pada siang hari lumayan membantu.
Selamat mencoba, dan dapat kan kembali wajah indah anda……..!?!

Tidak ada komentar: